cover
Contact Name
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Contact Email
jayantika@mahadewa.ac.id
Phone
+6285739639728
Journal Mail Official
jayantika@mahadewa.ac.id
Editorial Address
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23022124     EISSN : 26228688     DOI : -
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of mathematics, science and environmental education issues. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika contains research papers in the fields of mathematics and science education. The scope of this journal study is as follows: Mathematics education Biology education Living environment Assement in Science and Mathematics Education Evaluation in Science and Mathematics Education
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021" : 17 Documents clear
PERANCANGAN MO PERANCANGAN MOTIF KAIN ENDEK MELALUI PEMBUATAN FUNGSI KUADRAT PADA SOFTWARE GEOGEBRA Wayan Sauri Peradhayana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.04 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4658032

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggunaan software geogebra pada pembuatan grafik fungsi kuadrat dan motif kain endek, (2) motif kain endek melalui pembuatan fungsi kuadrat pada software geogebra. Prosedur penelitian ini adalah (1) latar belakang perancangan, (2) konsep perancangan, (3) hasil eksplorasi, (4) desain produk, (5) produk akhir, (6) ringkasan perancangan. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pertama penggunaan software geogebra pada pembuatan grafik fungsi eksponen dan motif kain endek menggunakan langkah kerja pembuatan grafik fungsi eksponen. Kedua motif kain endek melalui pembuatan fungsi eksponen pada software geogebra dapat dihasilkan dari (1) input satu fungsi grafik hitam latar putih, (2) input dua fungsi grafik hitam latar putih, (3) input dua fungsi grafik merah latar ungu tua, (4) input dua fungsi grafik merah latar ungu tua, (5) input dua fungsi grafik biru merah latar ungu tua.
Garcinia atroviridis (Botani, Pemanfaatan dan Bioaktivitasnya) Marina Silalahi
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.604 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4734491

Abstract

Garcinia atroviridis is a species in the Clusiaceae family that has long been used by humans as a spice and traditional medicine. The use of G. atroviridis as a spice and traditional medicine is related to its secondary metabolites and bioactivity. The method of writing this article is a review of the literature published online, especially on Google scholars, using the keyword Garcinia atroviridis, uses of G. atroviridis and bioactivity of G. atroviridis. The articles or research results obtained were reviewed and then synthesized so that comprehensive information was obtained about the botany, benefits and biactivity of G. atroviridis. Garcinia atroviridis can be identified by the thin, pale yellow sap produced on the stems. Ethnobotany G. atroviridis is used for cooking spices to enhance taste, produce a sour / fresh taste and increase food resistance. Bioactivity of G. atroviridis is anti-obesity, anti-microbial, antioxidant and anti-cancer. Garcinia atroviridis contains hydroxycitric acid (HCA, or (-) - HCA) which is associated with bioactivity as an anti-obesity because it inhibits ATP-citrate lyase. Bioactivity as an antimicrobial can be developed into a natural food preservative.
Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa: Indonesia
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.381 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4657953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran matriks melalui media Google classroom di STMIK STIKOM Indonesia. Jenis penlitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas E semester I Program Studi Teknik Informasi STMIK STIKOM Indonesia dengan banyaknya mahasiswa 47 orang. Pertimbangan pemilihan kampus ini sebagai tempat penelitian karena motivasi belajar pokok bahasan Matriks masih kurang dan belum pernah diadakan penelitian yang serupa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google classroom dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan perhitungan skor motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 88,91 dengan persentase 59%. dan skor motivasi belajar pada siklus 2 sebesar 104,91 degan presentase 70% mengalami peningkatan sebesar 18,64%. Selain itu jika dilihat dari kategori minimal motivasi belajar, katagori motivasi belajar pada siklus 2 sudah memenuhi syarat minimum
Jurnal pengembangan media pembelajaran berbasis moodle Rudi Haryadi; Siti Badriah
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.432 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4657882

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi moodle dan mengetahui kualitas e-learning berbasis moodle pada media pembelajaran fisika yang akan digunakan oleh seorang pendidik saat melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka, penelitian kajian pustaka yaitu suatu penelitian yang menggunakan metode mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang dilakukan terkait pengembangan media pembelajaran fisiak berbasis moodle. Hasil kajian dari penelitian ini menunjukkan Dalam pengembangan media pembelajaran fisika berbasis moodle mampu memberikan dampak positif terhadap penilaian peserta didik dan mampu memberikan kualitas yang baik terhadap proses pembelajaran fisika. Serta dengan adanya pengembangan media pembelajaran fisika berbasis moodle ini mampu meningkatkan pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik.
Development of Interactive Learning Media Oriented by Problem Based Learning Model and Character Education to Improve Students' Strategic Mathematics Competence Meina Ayuningsih Ni Putu
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.01 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4657765

Abstract

The low strategic competence of student mathematics achieved by ITB STIKOM Bali students in the Calculus course is caused by (1) the student's opinion that calculus is a difficult and frightening mathematics subject because it is abstract, (2) the lack of student participation as a starting point in the lecture process , and (3) the lack of learning experiences obtained by students through conventional learning. The ICT potential that is already available on campus should be empowered as an innovative learning medium. Based on this rationale, the researcher will carry out research on the development of interactive learning media oriented problem-based learning models and character education to improve the strategic competence of mathematics of students at ITB STIKOM Bali. This study aims to produce mathematics learning media using a problem-based learning model and character education that is valid, practical, and effective. This type of research is design research which is carried out through the preliminary research stages, prototyping stage, and assessment phase. The data were collected using observation sheets of feasibility, student response questionnaires, teacher response questionnaires, and strategic mathematics competency tests. The data obtained were then analyzed descriptively. The results showed that the learning tools developed were very valid. In addition, the learning device fulfills the practical aspects which can be seen from: 1) the implementation of learning in practical trials; 2) student responses are very practical; and 3) teacher responses are in the practical category. This learning tool has also fulfilled the effectiveness aspect as seen from the students' good mathematical strategic competency tests.
PENGARUH TANGGUNG JAWAB TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP KOTA JAMBI : The Influence of Responsibility on Student Attitudes in Science Subject in Jambi City Junior High School Rini Siski Fitriani; astalini; Dwi Agus Kurniawan
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.092 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4724784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap IPA dan karakter tanggung jawab siswa di SMP Al Falah Kota Jambi dan SMP Pertiwi Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah Mix Methods untuk mencari hasil deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji regresi. Populasi dari penelitian ini adalah 153 siswa SMP. Hasil dari penelitian ini adalah analisis regresi pada kedua variabel sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA didapat nilai signifikansi 0.004 < 0.0 dan tanggung jawab 0.008 <  0.05 yang artinya terdapat pengaruh di antara kedua variabel tersebut. Indikator sikap terhadap penyelidikan IPA yaitu cukup dengan presentase sebesar 55.1 %. Untuk indikator kesenangan dalam belajar IPA yaitu cukup dengan presentase sebesar 69.9 %, dan untuk indikator normalitas ilmuwan yaitu cukup dengan presentase sebesar 50.7%. Untuk statistik deskriptif tanggung jawab dominan pada indikator tanggung jawab dalam kegiatan belajar kategori cukup dengan presentase sebesar 47.8%. indikator tanggung jawab dalam mengerjakan tugas pada kategori cukup yaitu 53.7 %, dan indikator tanggung jawab dalam belajar di rumah kategori cukup yaitu 73.5 %  sehingga dapat dikatakan bahwa kedua variabel saling mempengaruhi.
Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasiis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor untuk SMP/Mts Aziza Putri Ningsi; Sri Purwaningsi; Darmaji
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.721 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4734431

Abstract

Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang mengajarkan tentang, produk, proses, dan sikap ilmiah. Ketiga hal tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan pembelajarn teori atau hafalan. Pembelajarn fisika perlu dilakukanya kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum akan berjalan dengan lancar apabila terdapat bahan ajar berupa penuntun praktikum. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun dalam penelitian ini, tahap akhir yaitu implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) belum dilakukan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negri 22 Kota Jambi, guru manyebutkan terdapat masalah mengenai pelaksanaan praktikum IPA. Pertama, penuntun praktikum yang tersedia belum sesuai dengan kurikulum, dimana pada dasarnya kegiatan praktikum harus mampu mengembangkan kemampuan belajar ilmiah siswa, sementara penuntun praktikum yang ada masih menuntun siswa untuk melakukan praktikum dengan cara hanya mengikuti prosedur yang ada pada penuntun praktikum saja. Hasil pengembanga penuntun praktikum berdasrkan hasil validasi materi yang dilakukan II tahap dikategori valid dan layak untuk diujicoba. Sedangkan hasil validasi ahli media yang dilakukan II tahap juga berada di kategori valid dan media layak untuk digunakan.
Teknik Pemeliharaan dalam Kegiatan Penangkaran (Budidaya) Kupu-Kupu Maiser Syaputra; Ni Luh Putu Yesy Anggreni; Pande Komang Suparyana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.708 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4734362

Abstract

Kupu-kupu merupakan satwa yang berasal dari ordo Lepidoptera, satwa ini memiliki ciri utama sayap yang terdiri dari sisik. Kupu-kupu telah lama dikenal sebagai satwa yang memiliki nilai ekonomi tinggi, yang dapat dijadikan sebagai objek rekreasi di taman kupu-kupu maupun sebagai satwa koleksi. Penangkaran kupu-kupu dapat berhasil apabila pengelola mampu menghadirkan habitat buatan yang mampu menyokong aspek kehidupan dari kupu-kupu, menyediakan pakan yang cukup dan memahami ekologi dari satwa ini, dan yang tidak kalah penting adalah memahami teknik pemeliharaan atau perlakuan kupu-kupu selama di penangkaran. Sebagai bahan pembelajaran, pembanding dan rujukan bagi upaya penangkaran kupu-kupu di berbagai kawasan lain di Indonesia, maka penelitian berjudul ‘Teknik pemeliharaan dalam kegiatan penangkaran (budidaya) kupu-kupu’ ini menjadi penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pemeliharaan dalam kegiatan penangkaran (budidaya) kupu-kupu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa budidaya kupu-kupu terdiri dari beberapa tahap yaitu pemilihan jenis, seleksi bibit, mengawinkan induk, memelihara telur kupu-kupu dalam media cawan petri selama 7-8 hari, memelihara larva langsung pada dahan tanaman pakan selama 13-15 hari, memelihara kepompong di lemari pupa selama kurang lebih 10 hari dan memelihara kupu-kupu dewasa di taman kupu
Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika I Wayan Widana; Putu Anik Diartiani
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.72 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4657740

Abstract

This study is a classroom action research. The subjects of this study were 42 students of class VII-A in the even semester of SMP Negeri 12 Denpasar in the 2019/2020 school year. The object of research is the activity and mathematics learning outcomes. Student activity data were collected using observation instruments and mathematics learning outcomes were collected using tests. The data were analyzed using qualitative descriptive analysis method. This action research is said to be successful if the students' learning activities are at least in the active category, the average score of mathematics learning outcomes is at least 75, and classical learning completeness is at least 85%. The results showed that there was an increase in the learning activities of students from being quite active in cycle I to being active in cycle II. Meanwhile, the average value of mathematics learning outcomes from 73.66 in the first cycle increased to 80.04 in the second cycle, and there was an increase in students' learning outcomes from 61.90% in the first cycle to 88.09% in the second cycle. Conclusions, the application of the problem based learning model based on ethnomatematics is able to increase the activity and mathematics learning outcomes.
Optimalisasi Kualitas Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Implementasi Model Cooperatif Learning Bersetting Teams Games Tournaments (TGT) Berbasis LKS Ni Made Serma Wati; Ni Nyoman Serma Adi
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 10 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.562 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4657712

Abstract

This study aims to determine the optimization of the cooperative learning model with LKS-based Teams Games Tournaments to increase learning activities and mathematics learning outcomes of class X BBU 1 students of SMA Surya Wisata Kediri. This type of research is a Classroom Action Research (PTK) using the Research Design Model of Kemmis and Taggart. Subjects in this study were 40 students of class X BBU 1 SMA Surya Wisata Kediri. The data collection technique was carried out by means of observation and learning outcomes tests which were carried out in two cycles. Research instruments in the form of observation sheets and learning outcomes tests. Data analysis was performed by qualitative descriptive analysis. The results showed that the Optimization of Mathematics Learning through the Implementation of Cooperative Learning Model with Teams Games Tournaments (TGT) based on LKS can increase the activity and learning outcomes of students of class X BBU 1 SMA Surya Wisata Kediri. This is evident from the average value of student learning activities on the initial reflection 23.72 is in the less active category. Then there was an increase in cycle 1 with an average of 27.28 learning activities in the active category, and in the second cycle the average learning activity was 34.25 in the active category. While student learning outcomes also increased where individual completeness increased from 12 people (30%) in the initial reflection to 23 people (57.5%) in the first cycle and from 23 people (57.5%) in the first cycle to 35 people ( 87.5%) in cycle II. So based on the results of the research it can be concluded that the optimization of mathematics learning through the implementation of the cooperative learning model with the setting of Teams Games Tournaments (TGT) based on LKS can increase the activity and learning outcomes of students of class X BBU 1 SMA Surya Wisata Kediri.

Page 1 of 2 | Total Record : 17